twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Labels

Thursday, May 30, 2013

Saat Gatot Kaca Ikut Sukseskan PILBUP KUDUS

KUDUS, kpukudus.com – Dalam upaya menarik minat warga agar mau mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dapat dilakukan dengan cara yang unik dan menarik. Seperti TPS 4 yang berlokasi di SD 3 Wates Desa Wates Kecamatan Undaan Kudus, Minggu (26/5). Memasuki TPS 4 ini, pemilih diajak untuk merasakan nuansa interior Kudus tempo dulu. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang menjaga TPS 4 ini, mendandani diri dengan make up danpakaian adat Kabupaten Kudus.

Pemilih yang hendak mencoblos dipersilakan menunggu di tempat yang didesain seperti ruang tamu. Meja dan kursinnya mirip perabotan rumah kuno. Tak hanya itu, pisang dan jagung rebus tersaji di atas meja tersebut. Hal yang unik pun dijumpai di Desa Karang Rowo Kecamatan Undaan. Tepatnya di TPS 2 yang berlokasi di halaman SDN 4 Dukuh Krajan. Semua anggota KPPSnya merias diri dengan busana zaman pewayangan. Ada anggota KPPS yang berdandan layaknya Gatot Kaca. Desain TPS pun dibikin mirip dengan panggung wayang orang.

Jika warga Desa Wates mengambil tema TPS, Kudus Tempo Dulu, warga Dukuh Kraja Desa Karang Rowo ini memang mengambil tema “Sukseskan pilkada Dengan Melestarikan Budaya Daerah”. Menurut Eni Misdayani, Anggota KPU Kudus Divisi Sosialisasi, mereka memang sengaja mendesain TPS dagar terlihat unik dan menarik bagi warga yang ingin mencoblos. “Ini merupakan bagian dari upaya KPU Kudus untuk meningkatkan partisipasi pemilih sebanyak 80 persen,” jelasnya
.
Untuk meningkatkan partisipasi, lanjut Eni, telah melakukan banyak cara. Khusus di hari pencoblosan ini, KPU Kudus mengadakan Lomba TPS Unik yang bertajuk “Lomba TPS Unik dan Partisipasi 80 persen”. Dari keterangannya, yang mengikuti Lomba TPS Unik ini sebanyak 40 TPS se Kabupaten Kudus. Ini merupakan usaha terakhir untuk meningkatkan partisipasi pemilih. “Semoga dengan upaya terakhir ini, partisipasi pemilih bisa meningkat secara signifikan sesuai yang kami harapkan,” imbuh Eni. (AR)


SUMBER : KPU KUDUS

No comments:

Post a Comment